Senin, 26 Desember 2016

Latihan Soal Fluida Dinamis Fisika SMA

1.      Jelaskan ciri-ciri umum fluida ideal !
2.      Air mengalir melalui sebuah pipa yang berjari-jari 2 cm dan keluar melalui sebuah keran yang memiliki jari-jari ½ cm. jika kecepatan air dalam pipa 1 cm/s, tentukan kecepatan air yang keluar dari keran !
3.      Sebuah pipa pitot digunakan untuk mengukur kelajuan udara yang melalui sebuah terowongan. Pipa pitot tersebut dilengkapi dengan manometer alkohol . Apabila beda tinggi antara kedua kaki manometer 18 cm dan massa jenis udara  maka hitunglah kelajuan aliran udara tersebut !
4.      Luas total sayap pesawat terbang adalah 200 m2 tentukan gaya angkat pesawat tersebut jika kecepata udara bagian atas dan bawah masing-masing 225 m/s dan 150 m/s, serta massa jenis udara 1,3  !
5.      Luas penampang pipa pada venturimeter adalah 18 cm2 dan 6 cm2. Beda ketinggian air pada pipa adalah 5 cm. Kecepatan aliran air pada venturimeter adalah …
6.      Air PAM memasuki rumah melalui sebuah pipa berdiameter 2,0 cm pada tekanan 4 atm. Pipa menuju ke kamar mandi lantai kedua pada ketinggian 5,0 m dengan diameter pipa 1,0 cm. jika kelajuan aliran air pada pipa masukan adalah 3,0 m/s, hitunglah kelajuan, debit dan tekanan air dalam bak mandi !
7.      Jelaskan bagaimana pesawat terbang dapat mengangkasa ! konsep-konsep apa yang dapat menjelaskannya ?
8.      Jika kecepatan aliran udara di bagian bawah sayap pesawat adalah 60 m/s dan beda tekanan diatas dan dibawah pesawat adalah 130 Pa, maka kecepatan aliran udara di bagian bawah pesawat adalah … ( )
9.      Sebutkan dan jelaskan beberapa penerapan hukum Bernoulli dalam bidang teknik !


10.  Kecepatan air yang keluar dari tangki adalah …



Tidak ada komentar:

Posting Komentar