Senin, 26 Desember 2016

Latihan Soal Hukum Newton tentang Gravitasi Fisika SMA

1.      Besar gaya gravitasi yang dialami dua buah benda adalah …
2.      Tiga buah bola masing-masing bermassa m1= 2 kg, m2= 6 kg dan m3= 9 kg. Ketiga bola tersebut dipasang pada titik-titik sudut segitiga sama sisi dengan sisi 30 cm. Berapakah gaya total yang dialami bola kedua karena tarikan dua bola yang lain ?
3.      Jika diketahui massa bulan 7,3 x 1022 kg, massa bumi 5,98 x 1024 kg dan jarak antara pusat bulan dan pusat bumi adalah 3,84 x 108 m, tentukan besar gaya tarik-menarik antara bumi dan bulan !
4.      Sebuah batu berada di kedalaman permukaan tanah. Nilai percepatan gravitasi bumi adalah 9,8 m/s2. Jika percepatan gravitasi benda 51,9 m/s2, hitunglah jarak kedalaman batu tersebut (RB= 6380 km) !
5.      Berapakah jarak dari pusat bumi ke suatu titik di luar bumi dimana percepatan gravitasinya 1/10 percepatan gravitasi di permukaan bumi ?
6.      Planet A dan B mengorbit matahari dengan perbandingan jarak dari matahari untuk masing-masing planet adalah 1:9. Tentukan periode planet C jika  periode planet D saat mengorbit matahari adalah 365 hari !
7.      Percepatan gravitasi di suatu planet sama dengan di permukaan bumi. Jika massa bumi M dan diameter planet dua kali diameter bumi, maka massa planet adalah …
8.      Dua bintang yang mmasing-masing memiliki massa M dan 4M terpisah pada jarak d.tentukan dimana letak bintang ketiga yang berada diantara kedua bintang tersebut tetapi tidak mengalami gaya gravitasi !
9.      Percepatan gravitasi pada pemukaan bumi adalah 9,8 m/s2. Hitung percepatan gravitasi pada permukaan planet yang memiliki :
a.       Massa sama tetapi massa jenis dua kali massa jenis bumi
b.      Massa jenis sama, tetapi jari –jarinya dua kali jari-jari bumi
10.  Sebuah sateli mengorbit setinggi 3600 km diatas permukaan bumi, jika jari-jari bumi 6400 km dan satelit bergerak melingkar beraturan, maka kecepatannya adalah …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar